Kenali Fitur "Peluang" Di Tokopedia yang Menguntungkan


Banyak dari kita yang ingin berjualan Online di situs-situs jual beli seperti Tokopedia, Bukalapak, dll. Namun banyak juga yang menyerah karena toko online yang kita punya kalah reputasi dari toko-toko online milik orang lain, pengaruh dari reputasi yang ada pada toko online adalah rasa percaya konsumen/customer untuk membeli di toko online yang memiliki reputasi lebih tinggi, sehingga toko online yang memiliki reputasi lebih tinggi lebih banyak juga penjualannya atau order yang masuk.

Sekarang Tokopedia Membuat fitur baru yaitu "Peluang", fitur baru ini untuk mengambil alih pesanan customer/konsumen yang membeli produk di seller lain, dengan syarat dan ketentuan yang sudah di tetapkan oleh pihak tokopedia.
Biasanya produk yang dapat di ambil ahli adalah produk yang hampir mendekati batas waktu respon seller, maka seller lain dapat mengambil alih pesanan tersebut.
Contoh barang yang dapat di ambil alih:














Syarat dan Ketentuan Fitur Peluang

Sebelum menggunakan fitur peluang pastikan Anda sudah membaca syarat dan ketentuan berikut ini:

  1. Semua pesanan yang memenuhi kriteria akan muncul di halaman peluang pada menu penjualan selama batas respon pesanan tersebut belum berakhir.
  2. Penjual yang tidak berlangganan Gold Merchant hanya dapat mengambil 5 Peluang per hari sedangkan untuk Gold Merchant tidak dibatasi.
  3. Saat ini fitur peluang hanya dibuka untuk toko yang memiliki Skor 75 dan reputasi minimal 501 (Silver 2).
  4. Sebelum mengambil alih pesanan, penjual harus memastikan bahwa
    - Jenis produk sama;
    - Kurir pengiriman tidak dapat diganti; Apabila terdapat selisih Ongkos kirim, maka hal
      tersebut menjadi tanggung jawab penjual.
    - Saat akan mengambil peluan Anda akan menerima detai informasi perhitungan ulang ongkos
       kirim baru dari alamat Anda ke alamat pembeli. Nominal yang tercetak di Invoice akan
       mencantumkan harga barang dan ongkos kirim pada order sebelumnya (invoice lama);
    - Produk yang tersedia baru.
  5. Jika pesanan menggunakan fitur Cashback, bonus cashback tetap akan berlaku dan menjadi tanggung jawab penjual yang mengambil alih pesanan. Bonus cashback otomatis akan dipotong dari hasil penjualan dan diberikan kepada pembeli saat transaksi selesai.
  6. Jika penjual gagal menyelesaikan transaksi di fitur Peluang, maka reputasi penjual akan dikurangi 10 poin.
  7. Apabila penjual tidak dapat memenuhi Peluang dimana transaksi yang dilakukan tidak sesuai (produk atau kurir berbeda) atau masuk ke pusat Resolusi, maka Peluang Multiplier tidak akan diberlakukan.
  8. Saat mengambil alih pesanan, batas waktu untuk memasukan nomor resi tidak akan diperpanjang dan tetap menyesuaikan dengan batas waktu saat pesanan tersebut di buat.

Dengan adanya fitur Peluang sebenarnya benar-benar memberikan Peluang bagi seller lain, untuk menaikan reputasi toko dan penjualan.

Contoh, produk Pampers Premium Care New Born - 52, total barang 1 (1kg), kota tujuan tanggerang, Harga barang dari seller sebelumnya Rp 95.000,- Ongkos kirim Rp 9.000 (Jakarta ke tanggerang), dan batas waktu response <1jam.

Dari contoh diatas, mengambil alih produk tersebut bisa menjadi sangat menguntungkan, apabila toko Anda tidak menyediakan atau tidak menjual popok bayi, Anda tidak perlu pusing, cukup cari toko offline di daerah sekitar tempat Anda tinggal yang menjual produk tersebut minimal harga yang Anda beli dari toko offline harus di bawah Rp 95.000,- dengan begitu Anda dapat untung walaupun sedikit dan reputasi toko pun ikut naik.

Cara bermain di fitur Peluang sebenarnya cukup mudah, apabila Anda dapat menemukan produk yang tepat dan batas response yang pass, kalau di lihat batas response dari contoh di atas sebaiknya jangan Anda ambil alih, karena  batas waktu response tersebut terlalu sedikit, mengingat waktu untuk mencari toko offline yang menjual product tersebut, packing, antri di jasa pengiriman terkadang cukup memakan banyak waktu.

Jangan ragu untuk ambil peluang kesempatan tidak pernah datang dua kali, dan tetap menjadi seller yang jujur dan bertanggung jawab.