Bahaya Yang Tidak Disadari Saat Menggunakan Wi-Fi Gratis

Banyak pengguna gadget zaman now pasti menyukai fasilitas WiFi gratis mulai dari layanan publik, hotel, perkantoran, restoran, cafe, atau fasilitas WiFi gratis dari pemerintah yang memang khusus untuk masyarakat.
Namun banyak pengguna gadget yang tidak menyadari bahwa sangat berbahaya saat menggunakan WiFi gratis, mulai dari menyimpan password, mengakses file, data pribadi dan bahkan para pelaku cybercrime pun bisa mencuri data bank atau kartu kredit Anda.

Bukan hanya tentang para pelaku cybercrime yang dapat menyimpan password Anda, dan data pribadi Anda bahkan para pemilik WiFi juga bisa melakukan hal yang sama.

Ciba Gangga (Head of Public Relation PT Smartfren Telecom) mengatakan para pengguna smartphone dan perangkat teknologi lainnya memang menyukai dan memilih akses WiFi gratisan karena dapat menghemat kuota data.

Ingin hati sih irit data!. Namun, Ketika menggunakan WiFi gratis, ada disclaimer yang harus disetujui dan kita sudah mempersilahkan pihak lain masuk dalam kegiatan berinternet kita, katanya.

Ciba juga mengatakan bahwa Hacker pun bisa membajak jaringan Wifi gratis kita dan mencuri data kita.

Hal penting yang perlu di ingat bahwa ketika menggunakan Internet dan WiFi gratis, jangan lakukan transaksi online banking, mobile banking, membuka email, atau transaksi e-commerce.
Pengguna WiFi gratis juga harus memperhatikan bahaya infeksi virus di perangkat teknologinya karena ada virus chameleon yang menyebar di jaringan WiFi dan bisa mengumpulkan informasi secara diam-diam.

Jadi pikir-pikir lagi untuk menghemat data, kalau tidak sebanding dengan bahaya yang mengancam terutama terkait data penting kita, sebaiknya jangan mengakses Internet atau WiFi gratis.